Sunday, 22 December 2013

Awas, 3 Logam ini bisa membuat anda PIKUN!

tembaga ,foto diambil dari visibiznews

Betapa mengerikannya ketika kita berumur panjang tetapi memori otak kita sudah hilang dan kita PIKUN. 
Nah menurut artikel dari huffingtonpost, bahwa ada 3 jenis logam yang berbahaya yang bisa mengakibatkan kita kehilangan memori otak alias PIKUN dalam kadar tertentu. 

Penyebab pasti penyakit Alzheimer masih belum diketahui , namun para ahli telah mengidentifikasi sejumlah faktor yang berkontribusi : diabetes , merokok , lemak jenuh . Sekarang teori menunjukkan  ke arah yang berbeda : berbagai logam yang dapat menyebabkan kita kehilangan memori otak dalam tubuh dari waktu ke waktu . 

Ketika melihat ke dalam otak orang-orang dengan penyakit Alzheimer yang telah meninggal dan Anda akan menemukan protein menyumbat sistem sinyal otak , bersama dengan kelompok kecil yang disebut plak beta -amyloid .
 " Ketika peneliti menggoda mereka plak terpisah , mereka menemukan logam , termasuk besi , tembaga , dan aluminium , " kata Neal Barnard , MD , seorang profesor asisten kedokteran di George Washington University School of Medicine . " Logam ini menghasilkan radikal bebas , yang seperti bunga api kecil yang merusak sel-sel otak . " Dan demensia bukanlah satu-satunya risiko, logam telah dikaitkan dengan setiap hari ketidakjelasan jiwa. Sebuah studi dari sekitar 1.450 orang dewasa di The Journal of Nutrition , Health & Aging menemukan bahwa wanita yang melakukan tertinggi pada tes kognisi memiliki tingkat terendah dari tembaga dan besi dalam darah mereka . 

Tapi Anda tidak perlu takut dan membiarkan logam merusak memori otak anda. Beberapa langkah preventiv sederhana dapat membantu melindungi otak Anda dan melindungi memori Anda .

BESI
Ini adalah bahan bakar yang memungkinkan sel-sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh . Tapi ketika dikaitkan dengan kesehatan otak , sebuah studi 2011 di jurnal Neurology menunjukkan bahwa orang dengan hemoglobin tinggi ( indikator kadar zat besi ) lebih dari tiga kali lebih mungkin untuk terkena Alzheimer sebagai mereka dengan tingkat dalam kisaran yang sehat .

Cara mudah mendapatkan asupan besi adalah pada daging yang mana sarat dengan besi heme yg mudah diserap , yang ironinya tubuh Anda tidak dapat mengatur dengan baik . Sayuran berdaun gelap dapat membantu Anda memenuhi tunjangan harian asupan besi yang direkomendasikan ( RDA ) untuk besi ( 18 mg untuk wanita usia 19 sampai 50 , 8 mg untuk wanita 50 + ) . Mereka juga kaya antioksidan yang " mengikat besi sehingga tidak dapat menyebabkan banyak kerusakan , " kata UCLA profesor psikiatri George Bartzokis , MD .

cara preventiv : Ganti panci besi yang anda gunakan dan bisa beralih ke stainless steel . Satu studi menemukan bahwa kandungan besi saus spaghetti meningkat lebih dari sembilan kali setelah dimasak dalam wajan besi .

Alumunium
Hubungan antara aluminium dengan Alzheimer masih diperdebatkan , tetapi kebanyakan ahli sepakat bahwa logam dapat neurotoxin . Meskipun tubuh kita tidak perlu aluminium berfungsi , zat itu merembes melalui antasida dimana bisa menghasilkan asupan seratus kali lebih aluminium daripada yang Anda akan mendapatkan dari kecukupan nutrisi harian , melalui kaleng soda , yang dapat meluluhkan aluminium , dan air keran. Dalam satu penelitian di Inggris , orang-orang dengan tingkat tinggi aluminium dalam air keran mereka memiliki 50 persen peningkatan risiko untuk Alzheimer dibandingkan dengan mereka yang sedikit terekspos air tersebut.

Preventiv : Menyimpan sisa makanan di kaca dan hindari penggunaan alumunium foil berlebihan; makanan asam seperti pizza atau pasta saus dapat menyerap aluminium dari foil .

TEMBAGA
Diet Tembaga (dalam makanan seperti kerang, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan) umumnya aman. Tapi tembaga anorganik seperti jenis - jenis dalam multivitamin dan air keran, sebagian besar melewati sistem penyaringan hati dan kepala langsung ke darah dan otak. Ini sangat berbahaya bila dikombinasikan dengan lemak jenuh dan trans. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang diet tinggi lemak termasuk dengan asupan 1,6 atau lebih mg tembaga sehari mengalami hilangnya fungsi yang setara mental untuk tambahan 19 tahun penuaan, dibandingkan dengan mereka yang mengambil dalam rata-rata 0,9 mg per hari.

Yang dapat anda lakukan: Periksa pipa Anda. Jika Anda memiliki pipa tembaga, membiarkan air berjalan selama satu menit di pagi hari sebelum minum dari keran, untuk membilas setiap tembaga yang mungkin telah tertumpuk dalam semalam.

Tips lain untuk menghindari asupan tembaga berlebihan adalah dengan memilih suplemen dengan tidak lebih dari 0,9 mg tembaga, pada wanita kemungkinan rata-rata kebutuhan asupan berisi lebih dari dua kali lipat.

*huffingtonpost

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...