Friday, 23 August 2013

Percaya pada Intuisi

sebuah bank di dalam perpustakaan baru UI


saat nya menghirup udara pagi, menikmati kopi pagi dan melupakan sejenak kurs rupiah yg semakin tak berdaya menghadapi mata uang lain di dunia, dan tercecer di 11 ribu rupiah pagi ini.

kata "jathukno" memang tak pernah saya gunakan dalam terminologi keterpaksaan sekalipun. saya lebih suka memakai kata " tak percaya pada intuisi" ketimbang kata jathukno yang merupakan ungkapan dalam bahasa jawa yang artinya andaikan, dengan penekanan mendalam pada masalah penyesalan.

kata jathukno ini saat ini banyak dipakai oleh orang orang yang memang gampang terbius oleh uang kartal dan terbius oleh bombastisnya media, saat memberitakan betapa bearishnya emas saat itu. Emas yang sudah lama menunjukkan trend postifnya dalam kurun  mingguan, bulanan, tahunan dan puluhan tahun, kuat bertengger di angka 1600 USD per troy ounce, akhirnya harus tumbang dan hanya diperdagangkan di angka 1300an. Media begitu bombastisnya memberitakan bahwa saatnya melepas emas, mereka ramai ramai mengutip analis pasar yang memang terkenal "pembenci" logam kuning anti karat itu.

Saya masih inget, ketika temen kolega saya menelepon saya dan sedikit memarahi saya, mengapa ikut ikutan pergi ke antam dan memborong emas senilai mobil avanza baru yang ia kendarai. Ada juga temen saya yang sms dengan nada kesal karena karena "hasutan saya", dia membenamkan uangnya di tumpukan keping dinar yang harganya merosot jauh. Saat dia beli, harganya 1,9 juta dan ketika itu, harga menyentuh harga 1,6 juta. Betapa tidak galaunya temenku saat itu, karena dia memegang tak kurang dari 500 keping dinar, yang angkanya anda tinggal menghitung saja.

Tapi, saat ini, media begitu ramai menceritakan tentang naiknya emas dan merosotnya rupiah. Dan saya saat ini sedang menunggu sms dan telepon dari temen, sekedar ingin mendapat salam sapa saja, bahwa trend emas akan kembali seperti sedia kala.

Selamat ngopi di pagi hari.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...