Sunday, 5 August 2012

Hati Hati dengan tawaran Kerja Palsu!



Mengapa saya harus menulis postingan singkat ini? alasannya cukup singkat dan simpel, : masih banyak sodara kita yang belum tahu ciri ciri perusahaan yang bonafid dan perusahaan yang abal abal yang menawarkan lowongan kerja. bahkan banyak yang sangat polos "mengirimkan lamaran" di form koemntar sebuah postingan blog lowongan kerja, lengkap dengan CV dan cover letter, padahal jelas jelas itu hanya sebuah postingan lowongan kerja dan untuk pelamar diharuskan mengirimkan CV dan lamaran lewat email yang telah diberikan :)) Harap maklum!! :))

Mengapa? karena banyak dari sodara sodara kita yang mungkin terlalu "gelap mata", karena lagi butuh pekerjaan, lagi ingin cepat kerja dan pingin cepat dapat nafkah untuk keluarganya!. tetapi mereka tidak mengenal apa yang disebut kaidah rekrutment yang biasa dipakai oleh HRD HRD di perusahaan perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Rupanya celah ini digunakan oleh banyak penipu untuk melakukan aksinya, yaitu mengumpulkan uang dengan cara menarik biaya administrasi saat pendaftaran calon tenaga kerja ( nanti akan saya beri link link berita tentang hal ini dibawah).

Bahkan, tak jarang yang rela membayar ratusan ribu bahkan jutaan rupiah, karena ditawarkan pekerjaan sebagai sopir, checker, kernet, gudang dsb di perusahaan tambang dsb. Alih alih mendapat pekerjaan, mereka hanya dijanjikan janji janji manis. Para pelamar juga terlihat "uneducated" karena dari komen komen yang ada dan muncul di sebuah pemberitaan tentang penipuan semacam ini, mereka hanya pasrah dan terlalu percaya bahwa proses rekrutmen dengan "membayar uang panjar", membayar administrasi " adalah hal yang wajar.

Berikut tanda tanda perusahaan abal abal yang merekrut karyawan dan mengambil keuntungan dari pencari kerja "uneducated" ataupun pencari kerja "gelap mata" :

1. Selalu menawarkan GAJI BESAR!
Perusahan abal abal ini selalu menawarkan gaji fix yang terlalu besar, alias gaji tetap yang sudah ditentukan, misalnya ada pengumuman baik lewat teman, koran maupun internet bahwa ada perusahaan yang menawarkan gaji 8 juta per bulan plus uang makan dsb, bisa hampir dipastikan ini berita burung yang perlu diklarifikasi.
Dalam hal penggajian, biasanya perusahaan akan memberikan gaji sesuai kualifikasi yang ada pada calon tenaga kerja, dan kebanyakan masalah gaji adalah confidential dan tak pernah diungkap di pengumuman lowongan kerja.

2. Tidak mempermasalahkan kualifikasi!
Perusahaan abal abal membuka kesempatan untuk semua jenjang. Terkadang banyak lowongan yang menawarkan posisi mentereng dengan gaji mentereng tetapi tidak secara spesifik menentukan syarat lulusan minimal. Artinya mereka menerima semua lulusan dari sekolah apapun, jenjang apapun. bahkan bila ente punya ijazah PAUD pun akan diterima. Perusahaan yang bagus dan bener akan memberikan syarat minimal lulusan yang mereka inginkan, misalnya harus lulusan d3 pertambangan, atau sarjana geologi, membutuhkan lulusan sarjana teknik sipil, lulusan stm bangunan dsb.

3.Tidak mengadakan proses seleksi baik tertulis maupun wawancara.
Sepertinya ini aneh, tetapi jangan salah, hal ini banyak terjadi dan dianggap lumrah oleh para calon tenaga kerja. Perusahaan abal abal ini menerima dan menjanjikan pekerjaan tanpa melalui proses seleksi yang ketat baik wawancara, maupun test psikotest dan test tulis lainnnya. Dan yang membuat saya miris hal seperti ini walau diketahui para pencari kerja, tetapi para canaker ini menganggap lumrah, karena mereka sudah merasa membayar uang administrasi.

4. Memungut/ menarik uang dari calon tenaga kerja!
Bila anda ditawari pekerjaan dengan gaji selangit atapu gaji biasa tetapi mengharuskan anda membayar sejumlah uang sebagai biaya administrasi, bisa dipastikan perushaan ini abal abal dan perusahaan palsu alias fiktif. Perusahaan yang bagus dan bonafid tak nakan menarik uang sepeserpun dari calon tenaga kerja. Mereka bahkan rela mengeluarkan uang banyak untuk mencari calon calon karyawan yang bagus untuk dijadikan karyawannya. Test test yang diadakan perusahaan tambang dan migas sudah lumrah memberikan makanan yang lumayan dan tiket transportasi gratis bagi para calon tenaga kerja yang mengikuti test ujian masuk.

berikut link link yang memberitakan sebagian perusahaan yang dtengarai abal abal itu :

http://online-cerdas.blogspot.com/2012/01/janji-dapat-pekerjaan-di-cv-cendana.html

http://euro.solopos.com/read/euro/pt-cee-dinilai-ilegal-91101

http://angkringan.lokal.detik.com/tag/pt-cendana-engineering-excavator-pt-cee/

http://www.solopos.com/2011/klaten/pt-cee-dilaporkan-ke-polisi-90926

apakah anda sudah berhati-hati, kisanak?

Link

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...