Saturday, 21 July 2012

Cara Mengenali bisnis abal-abal alias bisnis tipu tipu dan bisnis bodong


Cara Mengenali bisnis abal-abal alias bisnis tipu tipu dan bisnis bodong


(-) pakdhe, saya ditawari bisnis bagus nih, gimana menurut pakdhe?

(+) bisnis opo to le?

(-) ini bisnis yang sungguh menjanjikan pakdhe, tinggal beli saham sejumlah uang terus nanti akan dapat keuntungan fix 2 persen per hari!

(+) Weee Lha dalah, kok ampuh temen bisnismu tole! Berarti sebulan iso ngraup untung sampek 60% yo le?? Ngedab-edab-I tenan iku lee

(-) lha makanya itu pakdhe, aku njaluk utangane, tak enggo melu bisnis iku, okey?

(+) wah, nadyan keuntungane moncer ngono, malah ra umum ngono, iku justru salah sijine tanda tanda bisnis tipu-tipu thole

(-) ah, mosok dee? Njenengan iki mesthi ra gelem diajak maju



Percakapan pendek antara ponakan dan pakdhe nya itu mengalir. Bicara tentang bisnis, banyak orang yang memimpikan mempunyai bisnis sendiri, terlepas apakah dia sudah menjadi pegawai dengangaji 10 koma atau 15 koma, bahkan yang bergaji 30 koma saja juga bermimpi punya usaha sendiri dan resign dari perusahaan yang dia geluti. Yaaa, faktanya semua orang ingin makmur dan memiliki kebebasan waktu dan kebebasan finansial, seperti yang sering di dengungkan tung desem waringin , Mario teguh ato motivator motivator yang lain.

Masalah yang sering muncul adalah pemilihan bisnis yang akan digeluti, kadang membuat banyak orang akhirnya mundur teratur, maju mundur atau bahkan tak maju maju sama sekali. Dan saat ini seperti yang saya ceritakan diatas, saya akan biacara tentang mengenali bisnis bodong dan pepesan kosong alias bisnis tipu tipu yang harus anda hindari.

(-) mosok banyak pakdhe, bisnis yang model kayak gitu?

(+) buanyak le, dan gonta ganti baju walau dalamannya sama, yaitu bisnis tipu tipu.



Apa tanda tanda nya :

Bisnis model ini menawarkan tingkat keuntungan diatas rata rata dan fixed!, bila anda ditawari bisnis yang menawarkan tingat return keuntungan diatas rata rata suku bunga deposito dan mengatakan bahwa tingkat keuntungan itu tetap segeitu sampai anda menarik uang anda, bisa dipastikan bisnis itu hoax alias ngibul. Tak ada bisnis apapun di dunia ini yang tingkat pendapatannya selalu untung terus, tak pernah rugi dan aman. Bila ada yang menawarkan bisnis itu dipstikan mereka akan menanamkan uang anda di surga, sehinga diakhir tempo anda akan hanya menerima angin surga pepesan kosong alias uang anda lancar mengalir entah kemana dan susah mendapatkannya lagi.

(-) Lho, kok bisa pakdhe?

Yo bisa, karena bila menawarkan tingkat return tinggi kepada penanam saham(anda), bisa dipastikan uang itu harus ditanamkan di usaha yang memiliki tingkat return/keuntungan yang melebihi dari tingkat keuntungan yang dijanjikan akan diberikan kepada anda. Taruhlah dia menawarkan bisnis investasi dengan return 2% per hari atau 60% per bulan, maka dia harus bisa memutar uangnya di sector yang menghasilkan keuntungan fixed lebih besar dari 60% per bulan atau 720% per tahun! Padahal suku bunga acuan bank Indonesia saja saat ini hanya di kisaran kurang dari 6% per tahun.



member get member

Bisnis abal abal semacam ini pasti menggunakan skema member get member yang tak begitu lazim di dunia saham. Mengapa member get member atau mencari anggota baru? Karena tadi seperti yang diutarakan di point pertama, bisnis ini sulit menemukan sector yang bisa memberikan tingkat keuntungan tetap diatas rata rata bisnis pada umumnya, padahal mereka sudah berjanji pada anggota awal bahwa sanggup untuk memberikan imbal hasil tinggi dan tetap, alhasil untuk menutup itu haruslah menggunakan skema member get member dan menghimpun dana dari pendaftar yang gabung belakangan. Bisnis ini bertahan agak lama bila isu rush tidak dihembuskan. Tetapi sekali saja para pencari mangsa ini gagal mendapatkan member baru, otomatis dana segar yang menjadi urat nadi bisnis tipu tipu ini akan terganggu, kemudian timbul ketidak percayaan dan penarikan besar besaran uang nasabah. Sistem piramida yang telah terbangun akan runtuh karena penyokong bawahnya lari dan tak ada lagi. Sistem ini sudah dikenal sejak jaman dahulu kala dan dikenal dengan skema ponzi dan kadang dinamakan money game, karena yang berputar bukanlah barang tetapi uang uang dari hasil penanaman modal member member baru yang di rekrut.



(-) lho pakdhe, kan aku gabungnya masih awal awal toh? Kan nantinya bisa balik modal dan malah udah untung sebelum bisnis ini kolaps.

(+) ya gpp klo kamu pikir seperti itu, tapi apakah kamu tega memakan uang dari hasil keringat orang orang dibawahmu yang mungkin tak akan kebagian keuntungan karena dia ada di level paling bawah piramida? Trus duitmu nggak akan berkah le, karena keberkahan berusaha itu dikarenakan berputarnya barang dan jasa, bukan uangnya yang diputar. Dalam agama pun bila kamu masih meyakininya, hal ini jelas haram lee, memakan uang hasil tipu menipu.

Alamat usaha dan legalitas tak jelas

Seringkali mengenai alamat usaha ini bisa dipalsukan, tetapi bisa menjadi salah satu ukuran untuk melihat bonafiditas lembaga. Bila mereka menghimpun dana masyarakat, tentunya harus mempunyai ijin dari otoritas keuangan di negeri ini. Bila menghimpun dana tetapi hanya berijin sebagai koperasi, kasusnya akan terulang seperti KOPERASI Langit Biru atau Gradasi anak negeri. Bila tak mempunyai legalitas, bisa berupa money game seperti yang banyak di internet internet yang menawarkan kekayaan instant. Banyak penghimpun dana mengunakan cara cara money game ini yang ketika ditelisik ijin legalnya tak ada, website nya pun ketika dicheck dengan whois.com tak ketahuan pemiliknya siapa, sehingga nantinya ketika ada masalah, para member akan bingung harus mengadukan siapa dan dimana.

memamerkan hasil usaha kepada orang lain untuk mendapatkan member baru

Hal ini menjadi hal wajib, karena tanpa adanya member baru, bisnis abal abal ini akan runtuh dengan cepat, karena pendanaan nya dari anggota baru. Dengan berbagai cara dilakukan agar ada cashflow dari newbie newebie yang tergiur oleh uang cepat dan keuntungan berlipat yang telah berhasil didapatkan oleg member member sebelumnya, lewat screen shot dan pengakuan-pengakuan member lama.

Diikuti oleh pemula dalam bisnis.

hal ini menjadi tanda penting dari bisnis abal abal semacam money game. Bisnis ini ramai oleh para pemula dalam bisnis yang ingin cepat balik modal dan mudah mendapatkan keuntungan.

Saya berani jamin, para pengusaha kecil yang telah lama berkecimpung dalam usaha rill akan langsung tertawa terbahak bila ditawarkan ada investasi yang menawarkan imbal hasil diatas rata rata dan tetap. Karena mereka tahu bahwa hal itu tak akan ada di dunia rill bisnis. Jadi tidak mengherankan para korban qnet, Gradasi anak negeri, koperasi langit biru, vgmc dll adalah para pemain baru dalam bisnis.

Bila tidak percaya, coba anda yang mempunyai bisnis money game dengan tingkat imbal hasil tinggi dan fixed menawarkan proposal tersebut kepada teman yang telah berpengalaman dalam dunia usaha, kemudian tulsikan pengalaman anda pada saya, tentunya akan menjadi hal lucu bila diceritakan nanti, hehe.



Ini dulu tanda tanda nya, nanti disambung lagi. Apakah hari ini anda puasa, kisanak?

1 comments:

nasihat yg valid :)

tambah 1 lagi bos, beberapa bisnis tepu2 awalnya akan memberikan bagi hasil/return yg benar2 di atas logika selama beberapa putaran, setelah memperoleh kepercayaan anda (dan anda membawa masuk full investasi +teman +saudara), kantornya raib.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...