Saturday, 3 December 2011

Krangkeng jangkrik, kaos Lampu dan Nyetrum aki

Dulu, saya dan temen-temen sepermainan saat SD, sangat hafal dengan namanya menangkap jangkrik, membuat rumah jangkrik dan mencari makanan jangkrik bernama krokot. saat setelah sholat subuh di mushola kami, Al amin yang letaknya ditotogan jalan dusun kami, kami akan langsung kalung sarung dan giat mencari suara-suara jangkrik, lomba mencari jangkrik, adu peruntungan. Dan pulang pulang saat matahari mulai nampak dan berangkat ke SD kami yang jaraknya 4 KM dari dusun kami. dan sorenya kami sangat puas dengan suara sahut sahutan jangkrik yang ada di krangkeng jangkrik kami yang terbuat dari bambu, berbentu bujur sangkar dan biasanya berjumlah 9 kotak tiap satu krangkeng. kami gantung krangkeng jangkrik itu di pojokan rumah kami.

Sekarang, anak anak sudah tak paham apa itu jangkrik, tahunya jangkrik adalah makanan ikan dan makanan burung yang dijual banyak di pasar burung ( dulu belum ada pasar burung). dan urusan membuat krangkeng jangkrik, kami menyebutnya demikian…. tentunya saja mereka tak mampu membuatnya, lha wong tahu bentuknya saja tak pernah. Yang mereka tahu adalah jangkrik dimasukkan kedaam botol air mineral yang diberi lobang lobang kecil ( jaman dulu belum ada air mineral yang botolnya bisa dengan mudah didapatkan seperti sekarang).

Dahulu , kami harus selalu mempersiapkan diri untuk ngompa lampu petromax di mushola kami, dengan hati hati agar kaos lampunya nggak jatuh dan kemudian harus beli ke kecamatan yang jaraknya 3 KM dari dusun kami, itupun kalo ada. dan kami juga harus hafal bahwa tiap seminggu sekali harus nyetrum kan aki mushola kami ke kecamatan agar TOA untuk adzan bisa berbunyi.

1322917831940028750

Sekarang, dah tak ada lagi lampu petromak, sudah terang benderang. tetapi kata teman saya yang masih di kampung itu bilang bahwa jumlah anak anak yang ke musholla sudah sangat sedikit, lebih asik dengan main PS atau mengutik komputer di rumahnya masing masing.

gambar diambil dari : http://ngeteh.files.wordpress.com/2009/08/petromax.jpg dan http://ksupointer.com/wp-content/uploads/2010/04/krokot1.jpg

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...