Tuesday, 10 May 2011

Menakar nilai uang anda 18 tahun lagi, Mari kita hitung!




Ada tulisan menarik dari pakar ekonomi yang saya dapatkan disini, bahwa peluruhan/ penyusutan nilai dollar dan rupiah yang luar biasa itu dapat dibuat skema seperti model peluruhan atom, dan ada ritme nya :) .

nah, karena ane juga bukan pakar, ane coba ngikutin pola beliau ( krn ini masih May 2011, sehinga masih relevan bila dihitung per 10an tahun, sehingga angka 40 tahun masih relevan )


Mari bareng bareng kita pelototin fakta fakta berikut ini : Pada tahun 1970, ketika emas masih dijadikan standar mata uang dunia dalam perjanjian Breton Woods harga emas dunia saat itu berada pada angka US$ 35.94/Oz. Dengan nilai tukar Rupiah Rp 415/US$; maka harga emas saat itu di Indonesia berada di kisaran Rp 480/gram.


dan sekarang setelah 40 tahun berlalu, harga emas menjadi US$ 1,512/Oz dan dengan nilai tukar Rp 8,555/US$ harga emas dalam Rupiah menjadi di kisaran Rp 438,000/gram. Artinya setelah 40 tahun, nilai US$ terhadap emas tinggal tersisa 2.37% dan nilai Rupiah tinggal 0.001%.



Nah fakta-fakta ini apabila kita plot-kan di grafik Nilai Sisa setelah waktu paruh ke N = 100%/2^N seperti diatas ; kita akan tahu dimana posisi US$ dan dimana pula posisi Rupiah. Setelah 40 tahun US$ kini berada pada waktu paruh antara ke 7 menuju waktu paruh ke 8; dengan kata lain US$ memiliki waktu paruh sekitar 5.3 tahun.
Nah, rupiah dengan besaran 0.001% terletak pada paruh antara 10 menuju 11, sehingga waktu paruhnya sekitar 3.8 tahun.

artinya, bila sekarang anda punya uang Rp.438,000 bisa dibelikan emas satu gram, maka dalam waktu 3.8 tahun kedepan, uang anda tinggal 1/2 gram emas, dalam 7.6 tahun ke depan, uang nada tinggal 1/4 gram emas, dan terus pada 15.2 tahun mendatang, uang anda tinggal 1/8 emas.

usia anak masuk kuliah adalah 18 tahunan, sehingga pada saat anak anad usia kuliah, uang anda yag tadi bisa dibelikan emas 1 gram saat itu tinggal tersisa dan mampu mebeli emas 1/32 gram emas.

Jadi, bila anda punya asuransi dan anda masih percaya emas adalah timbangan yang adil sepanjang jaman, tolong dihitung lagi, nanti pas anda punya uang Rp. 500.000.000, dalam waktu 25 tahun lagi, nilainya tinggal berapa ? :) ----->> ( itungan kasar saya, uang asuransi yang nantinya anda terima ituh hanya mampu membeli emas kira kira 35.67 gram!! WTF

sekian dulu, mari kita ngopi kisanak!

5 comments:

Saya sudah terlanjur ikut asuransi dengan masa pertangungan 17tahun. Saat ini juga merasa bimbang dengan uang pertanggunan nya. Nanti saat uang itu keluar, kalau dibelikan emas pasti tidak ada harganya dibandingkan membeli sekarang dengan uang premi yang saya bayarkan tiap bulan.
Mau di pinalty, kasihan karena sudah berjalan sekitar 7 tahuan. Ada solusi gak mas ???

Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

@ Bpk Sugeng : ikut asuransi adalah semacam ban cadangan di mobil kita, atau juga seperti air bag yang disemat di kemudi kita. Saat kita jatuh, maka sakitnya agak ringan sedikit.
Saran saya, bila asuransinya berbentuk asuransi pendidikan, mendingan pinalty saja, karena uang pendidikan di masa mendatang akan jauh melampaui jumlah yg dikita kumpulkan di asuransi tadi.
Salam hangat dari magetan pak, :)

investasi tanah atau emas lebih baik ...:)

Menarik tips mengelola asetnya pak, investasi emas secara rela sangat menguntungkan.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...