Sunday, 27 February 2011

Bermain dengan Ketidakpastian ( 2 )

Bermain- main dengan ketidakpastian!

Pernahkah anda dihadapkan pada 3 atau lebih pilihan investasi, atau pilihan untuk sesuatu yang belum anda ketahui karena menyangkut keadaan di masa datang? Nah bila belum, mungkin dan pasti nantinya akan dihadapkan pada hal seperti itu :).

Misalkan anda dihadapkan pada pilihan investasi untuk invest di emas, deposito di bank atau minjemi temen buat usaha dan bagi hasil nantinya. Kemudian diprediksi di masa depan ada 3 kedaan yang mungkin terjadi, yaitu : pada keadaan perekonomian moncer/sangat bagus, ekonomi medium/ sedang sedang saja dan dan kedaan perekonomian yang suram.

Dan dari Hitungan Anda yang seorang ahli matematik dan statistika, menghasilkan hitungan seperti dibawah ini :

  • · Bila keadaan ekonomi moncer : investasi di emas akan menghasilkan laba 3 milyar, bila ekonomi sedang menghasilkan laba 1 milyar dan bila ekonomi suram emas memberikan laba 15 milyar
  • · Bila keadaan ekonomi moncer deposito akan menghasilkan laba 5 milyar, bila ekonomi sedang menghasilkan laba 2 milyar dan bila ekonomi suram menghasilkan laba -1 milyar ( atau rugi 1 milyar)
  • · Bila keadaan ekonomi moncer, bagi hasil dg temen akan menghasilkan laba 8 milyar, bila ekonomi sedang akan menghasilkan laba 2 milyar dan bila ekonomi suram akan mengasilkan kerugian 3 milyar.

Nah, masalahnya sekarang , dari ketiga jenis investasi diatas, mana yang paling bagus untuk diambil? Sedangkan kita gak tahu, apa yang akan menimpa perekonomian mendatang!! Susah kan? Hehe, tapi tenang ada kabar buruk dan kabar baiknya.

Kabar buruknya, hal Ini tak ada yang bisa menjelaskan secara absolute, karena keadan di masa depan tidak bisa diketahui, hanya bisa diprediksi.

Nah kabar baiknya, ada cara cara untuk memandu agar anda bisa memilih sesuai dengan karakter anda, apakah anda seorang :

  • Pemberani yang selalu berfikiran postif dan optimis person, selalu menganggap kedepannnya adalah hal postif, sehingga memprediksi akan terjadi ekonomi positip/ risk taker.
  • Seorang yang sangat ingin bermain aman dan menganggap kedepan adalah terjadi keadaan terburuk, sehingga nggak mau investasi yang beresiko, atau
  • anda seorang yang moderat, yang ingin aman aman saja, saat terjadi huru hara ekonomi anda tak akan terlalu rugi dan saat terjadi ekonomi yang bagus, anda juga nggak kehilangan keuntungan besar.

Semua tergantung anda, karena anda yang mempunyai uang yang mau di invest!

Tergantung karakter anda.

Nah, ini sekelumit ngelmu gampang untuk memandu, bila anda ingin mengambil keputusan diatas. Pilhan investasi apa yang paling cocok dengan karakter anda dimana setelah melihat pengalaman-pengalaman tahun lalu, anda mempunyai data seperti dibawah ini :

Contoh : Assumsi yang telah anda dapatkan diatas dapat disajikan dalam table seperti dibawah.

Nah, silakan di penthelengi table tersebut, dan lihat bahwa saat ekonomi bagus dan sedang ( kolom berwarna oranye menunjukkan bahwa investasi paling menguntungkan adalah invest ke temen

Sehingga keuptusan yang harus anda ambil jika anda seorang yang optimistic, adalah invest ke temen!! Ini dinamakan maksimaz : mengambil keputusan maksimal saat keaadaan maksimal ( kasus ini adalah saat ekonomi Moncer)


Nah sekarang lihat table dibawah ini,


Bila anda seorang yang ingin aman aman saja dan pessimistic melihat keadaan masa depan ( tetapi nanti bila ternyata ekonomi tidak suram anda juga akan rugi lho J ) , anda pasti akanlangsung menduga bahwa kedepannnya adalah keadaan ekonomi akan suram, maka bisa dilihat bahwa saat ekonomi sedang suram, tingkat laba yang paling banyak diperoleh adalah bila invest di EMAS, maka pilihlah ini, kisanak!!


Nah, table yang paling bawah ini adalah table kekecewaan, ini dibuat karena bila mengacu pada table sebelumnya. Trus darimana angka angka didapatkan? Begini kisanak:


Taruhlah saat ekonomi moncer, ternyata kita sebagai investor salah pilih ( tidak memilih Invest ke temen dan malah memilih invest di deposito), maka anda akan mengalami kerugian/kecewa sebesar 8 milyar dikurangi 5 milyar yaitu kerugian sebesar 3 milyar, begitupula jika bila anda salah invest saat ekonomi sedang jelek, anda harusnya invest di emas, malah invest di temen, maka anda otomatis akan mengalami kerugian sebesar 8 – (-3) = 11 milyar, dan seterusnya!

Nah bila sudah didapatkan semua, tinggal sekarang cek di table dibawah, cari nilai kekecewaan paling kecil ( tetapi lebih besar dari nol, karena kalo nol berarti tidak kecewa donk) sehingga seyogyanya anda sebagai seorang yang moderat akan memilih invest di emas!!

Selamat berinvestasi, kisanak!!


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...