Thursday, 24 February 2011

Bermain dengan Ketidakpastian ( 1 )




Bermain main dengan ketidakpastian

Pernahkah anda dihadapkan pada 3 pilihan investasi, atau tiga pilihan untuk sesuatu yang belum anda ketahui karena menyangkut keadaan di masa datang? Nah bila belum pun mungkin dan pasti nantinya akan dihadapkan pada hal seperti itu.

Taruhlah anda dihadapkan pada pilihan investasi untuk invest di emas, deposito di bank atau minjemi temen buat usaha dan bagi hasil nantinya. Trus di masa depan ada 3 kedaan yang mungkin terjadi, yaitu : ekonomi cemerlang, ekonomi medium dan ekonomi suram.

Contoh : Assumsi yang telah anda dapatkan adalah :

· Bila keadaan ekonomi moncer : emas akan menghasilkan laba 3 milyar, bila ekonomi sedang menghasilkan laba 1 milyar dan bila ekonomi suram emas memberikan laba 15 milyar

· Bila keadaan ekonomi moncer deposito akan mengahsilkan laba 5 milyar, bila ekonomi sedang mengasilkan laba 2 mlyar dan bila ekonomi suram menghasilkan laba -1 milyar ( atau rugi 1 milyar)

· Bila keadaan ekonimi moncer, bagi hasil dg temen akan menghasilkan laba 8 milyar, bila ekonomi sedang akan mengahsilkan laba 2 milyar dan bila ekonomi suram akan mengasilkan kerugian 3 milyar.

Nah, masalahnya sekarang , dari ketga jenis investasi diatas, mana yang paling bagus untuk diambil?

Kabar buruknya, hal Ini tak ada yang bisa menjelaskan secara absolute, karena keaadan di masa depan tidak bisa diketahui, hanya bisa diprediksi.

Nah kabar baiknya, ada cara cara untuk memandu agar anad bisa memilih sesuai dengan karakter anda, apakah anad seorang penjudi sejati/ risk taker, seorang konservatif yang suka aman aman saja, atau seorang yang moderat, bila rugi gak terlalu rugi dan bila untung juga gak terlalu untung besar.

Semua tergantung anda, karena anda yang mempunyai uang yang mau di invest!

Tergantung karakter anda



*note : gambar diambil dari kompasiana dan blogprdkmuslim

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...